ONBORDES

Saturday, January 7, 2012

Semen Instant

BUKAN MIE saja yang mengenal kata instan. Kini adukan semen pun sudah tersedia yang siap saji. Bahan bangunan ini merupakan semen kering yang siap pakai, atau dikenal di negaranegara Barat dengan sebutan dry mortar. Disebut siap pakai, karena semen jenis ini cukup dicampur dengan air saat akan digunakan. Persis seperti makanan instan!


Sama Seperti Adukan Semen

Material ini sebenarnya merupakan "adonan" yang kandungannya sama seperti adukan semen untuk membuat plesteran dinding. Hanya saja adukan ini diolah di pabrik, sehingga semua proses pencampuran bahan-bahannya dilakukan oleh mesin.


Bahan dasar semen instan adalah sebagai berikut.

1. Semen portland

2. Pasir





Untuk mendapatkan semen instan yang baik.

Proses pencampuran semen dan pasir saat membuat adukan untuk dinding batu bata, sekarang tidak perlu lagi dilakukan. Dengan semen instan, waktu bisa dihemat.


Pasir yang digunakan harus dalam keadaan bersih, bebas dari lumpur atau kotoran lain. Pasir putih merupakan alternatif yang sering dipilih untuk material ini.


3. Pengisi

Bahan ini terdiri dari CaCO3 (kapur) dan limestone powder. Guna bahan ini adalah sebagai pengisi pori-pori yang akan terbentuk karena menyatunya semen dan pasir, sehingga adukan lebih padat.


4. Aditif

Yang disebuh aditif adalah zat-zat yang ditambahkan agar adukan memiliki sifat-sifat tertentu. Pada semen instan, ditambahkan bahan yang membuat daya rekatnya lebih kuat serta bahan antiretak. Air yang juga dibutuhkan sebagai bahan pembuat adukan ditambahkan di lokasi pengerjaan saat semen instan akan digunakan.


Campuran Lebih Tepat

Pada adukan konvensional, bahan – bahan harus dibeli terpisah dan kemudian dicampur dengan perbandingan tertentu.

"Saat mencampur,  kadang-kadang takaran masingmasing Bahan tidak tepat karena biasanya tukang hanya mengira kira,"


Ini tentunya berpengaruh pada kualitas pasangan bata, plesteran, serta acian. Berbeda dengan semen instan yang sudah dicampur di pabrik sehingga komposisinya sangat

tepat dan campurannya konsisten, karena dikerjakan dengan mesin yang dibantu komputer.

Untuk menjamin agar setiap semen instan yang dihasilkan mutunya selalu sama, sebelum digunakan, bahan-bahan dasarnya harus melalui tahapan tertentu. Pasir, misalnya, harus terlebih dahulu dikeringkan dengan panas 120 derajat Celcius agar air yang terkandung menguap semua. "Pasir yang basah akan bereaksi dengan semen sebelum digunakan”.

Setelah itu, pasir pun diayak dengan ukuran saringan maksimal 3 mm, agar ukurannya seragam dan terbebas dari benda-benda asing. Proses ini pun meniadakan pengayakan pasir di lokasi pembangunan yang pada akhirnya menghemat tenaga tukang.

Menghemat Anggaran

Ada anggapan bahwa semen instan ini mahal. "Memang harganya lebih mahal dibandingkan harga campuran semen dan pasir biasa; sekitar 10 – 15 persenlah, "Namun, yang bisa dihemat adalah tenaga tukang dan waktu pengerjaan," tambahnya. Ini pun suatu bentuk penghematan, bukan? Selain itu, dengan mengira-kira

jumlah masing-masing bahan pada adukan konvensional, anggaranpembangunan rumah juga sulit diperkirakan di awal. Kadang pasir yang dibeli berlebih, atau semen habis saat sedang dibutuhkan. Tentu ini tidak efisien dan akhirnya biaya pun membengkak. Pada semen instan, daya sebar sudah tertera pada kemasan, sehingga bisa diperkirakan berapa sak semen yang dibutuhkan untuk membangun dinding sekian meter,misalnya.


Untuk Berbagai Keperluan

Semen instan banyak jenisnya. Ada yang khusus untuk pemasangan batu bata atau bata ringan (misalnya hebel dan celcon block), untuk plesteran, serta untuk acian. Ada juga semen instan yang digunakan untuk memasang batu alam serta keramik pada dinding. Kandungan bahan semen instan untuk masing-masing fungsi tersebut tentu berbeda-beda.

Semen instan untuk pemasangan batu alam, misalnya, harus memiliki daya rekat yang lebih kuat karena batu alam bobotnya berat. Untuk acian, kandungan semen instan diramu agar mampu menghasilkan lapisan yang halus mulus serta berwarna muda. Warna abu-abu muda ini dihasilkan dari penggunaan pasir putih, sedangkan kehalusan lapisan acian semen instan membuat dinding tidak perlu lagi dilapisi plamur saat akan dicat dan membuat warna cat menutup lebih cepat.



Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home